SELAMAT DATANG DI BLOG BISTORI (BISNIS DAN TUTORIAL) >> Blog yang berisi Panduan Cari Usaha Sampingan dan Bisnis Online Untuk Pemula/Gaptek Internet dan juga Mengenai Tutorial Komputer dan Blogger

Sabtu, 05 Januari 2013

Cara Membuat File ISO dari Kepingan CD atau DVD



File ISO, dengan nama lengkap ISO image adalah file yang berisi informsi lengkap baik itu struktur, sector dan file sytem yang ada di optical disk (Kepingan CD dan DVD). Bisa dikatakan, file ini adalah replica dari kepingan CD/DVD yang berbentuk file yang bisa disimpan di dalam hardisk atau flash disk.

Jika ingin melihat isi dari file ISO, anda bisa menggunakan software pengekstrak “compress file” seperti WinRar, WinZip, 7Zip dan yang lain. Tetapi, dengan cara ini semua fungsi belum bisa berajalan dengan normal seperti saat anda menggunakannya pada kepingan CD/DVD.

Kembali ke topik awal, berikut ini kami sampaikan bagaimana cara membuat file ISO dari kepingan CD atau DVD menggunakan software yang bernama ISODisk. Ikuti petunjuknya di bawah ini:

    Download aplikasi ISODisk di sini http://www.isodisk.com
    Segera install file yang sudah anda download pada langkah sebelumnya.
    Stelah itu, jalankan aplikasi yang baru saja anda install.
    Klik tabulasi Create ISO Image from CD-ROM.
    Masukkan CD/DVD ke dalam CD/DVD Rom.
    Tunggu sampai prosesnya selesai.

Ada juga yang pakai Sofware lain, diantaranya  :
Untuk membuat file ISO dari DVD, anda bisa menggunakan software seperti DVDFab atau ImgBurn, atau BurnAware Free. Dalam tutorial ini kita menggunakan program BurnAware Free.

1. Download dan instal Burn AwareFree. Setelah meng-instalnya, buka program BurnAware Free.



2. Pada windows BurnAware Free, klik 'Copy to Image'.


3. Pada bagian 'Source', pilih optical drive tempat anda memasukkan DVD. Dan pada bagian 'Destination', tentukan tempat atau folder untuk menyimpan file iso dengan meng-klik 'Browse'. Beri nama file anda lalu klik 'Save'.
4. Masukkan DVD yang anda ingin jadikan sebagai source untuk membuat file ISO, kemudian klik 'Copy'.
5. Selanjutnya anda tinggal menunggu proses pembuatan ISO sampai muncul pesan 'Copy process completed succesfully', klik OK sebagai respon dari pesan tersebut
6. Anda sudah bisa menutup program BurnAware Free dan mengeluarkan DVD dari optical drive. File ISO anda tersimpan dalam folder yang anda pilih dengan nama yang anda beri.

Selesai sudah. Sekarang isi dari CD atau DVD anda sudah menjadi file ISO yang bisa anda gunakan dan anda simpan untuk keperluan di waktu yang lain.


Artikel Terkait: