SELAMAT DATANG DI BLOG BISTORI (BISNIS DAN TUTORIAL) >> Blog yang berisi Panduan Cari Usaha Sampingan dan Bisnis Online Untuk Pemula/Gaptek Internet dan juga Mengenai Tutorial Komputer dan Blogger

Sunday 20 July 2014

Cara Me-Refresh RAM Agar Lebih Ringan Tanpa Me Restart


RAM (Random Access Memory) adalah satu komponen yang bertanggung jawab terhadap semua aktifitas sistem komputer yang diakses oleh Processor (CPU – Central Processing Unit). Data yang ada di RAM bisa diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut Random (acak). Data yang tersimpan di RAM baik itu yg diperlukan ataupun tidak diperlukan oleh sistem komputer bersifat sementara, karena hanya akan ada jika ada listrik atau saat komputer menyala dan akan hilang jika komputer mati.

Proses-proses yang tidak diperlukan oleh sistem inilah yang sering menyebabkan komputer berjalan lambat, error, ataupun nge-hang/lag. Maka dari itu, kita perlu untuk selalu rutin menyegarkan kembali kinerja RAM. Masalahnya adalah kita butuh tools tertentu, atau menggunakan cara konvensional untuk menyegarkan RAM. nah, saya kali ini akan membahas bagaimana cara menyegarkan RAM.

Cara Me-Refresh RAM Agar Lebih Ringan Tanpa Me Restart yang akan saya bahas ada 2 cara yaitu :

Cara Pertama adalah :
  1. Cari dan buka notepad, biar lebih mudah tekan Windows +R
  2. Copy kode dibawah ke notepad      
    FreeMem=(1280000000)
    FreeMem=(2560000000)
    FreeMem=(5120000000)
    FreeMem=(10240000000)                                                                                                                 
  3. Simpan script dalam format file Vbscript. Klik menu file->Save as
  4. Kasih nama: Refresh RAM.vbs
  5. Untuk menyegarkan kembali RAM komputer cukup lakukan double click pada Refresh Ram.vbs secara otomatis script tersebut akan refresh/menyegarkan kembali RAM komputer ..

Cara lain yang lebih mudah adalah:
  1. Buatlah Shortcut baru dengan cara Klik kanan pada Desktop -> New -> Shortcut!


  2. Ketik 

    %windir%\system32\rundll32.exe advapi32.dll,ProcessIdleTasks
    Lihat gambar dibawah
  3. Klik Next. Lalu beri nama shortcut tadi, nama yang dapat diberikan bebas sesuai keinginan kita, misal Refresh RAM atau lewat aja namanya otomatis jadi rundll32.exe.
  4. Klik Finish.
  5. Cara pengggunaannya sama dengan cara yang pertama yaitu cukup lakukan double click pada shortcut Refresh Ram secara otomatis script tersebut akan refresh/menyegarkan kembali RAM komputer.......
Demikianlah Cara Me-Refresh RAM Agar Lebih Ringan Tanpa Me Restart Pengalaman saya cara kedua lebih mudah dan efektif, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment