SELAMAT DATANG DI BLOG BISTORI (BISNIS DAN TUTORIAL) >> Blog yang berisi Panduan Cari Usaha Sampingan dan Bisnis Online Untuk Pemula/Gaptek Internet dan juga Mengenai Tutorial Komputer dan Blogger

Thursday 4 September 2014

TV Tuner Gadmei UTV380 & Aplikasi TVHome Media Tidak Mengeluarkan Suara Di Windows 8 atau Windows 8.1

Saat ini siaran TV tidak hanya bisa dinikmati di Televisi saja, tetapi sudah bisa dilihat di Laptop atau PC. Dengan bantuan Perangkat TV tuner Gadmei UTV380 nya dan install driver TV tuner Gadmei UTV380 nya beserta aplikasinya yaitu TVHome Media3.
Sayangnya TV Tuner TVHome Media hanya bisa dinikmati di OS Windows 7, Untuk diWindows 8 TVHome Media gambar sih muncul tapi audionya tidak muncul. Tadinya saya pikir ada yang salah dengan setting-an , namun setelah saya coba dengan aplikasi multimedia lain tidak bermasalah, jadi yang salah adalah entah driver-nya atau aplikasi TVHome Media3 nya. Saya pun sempat browsing-browsing dan menemukan ternyata bukan saya saja yang mengalami kasus yang serupa, di salahsatu thread forum diskusi lokal saya pun menemukan beberapa orang yang mengalami masalah yang sama. Dari thread itu pun saya mendapatkan informasi bahwa masalah suara yang tidak muncul tersebut bisa diatasi dengan cara menggunakan program lain yaitu Daum PotPlayer, saya download program tersebut lalu saya tes, dan ya sekarang TV tuner-nya di OS Windows 8 atau 8.1 sudah bisa mengeluarkan suara.




Langkah-langkah + Screen Shootnya:

1. Download Daum Potplayer 1.6.49479 disini X86, X64  dan Jalankan Daum Potplayer
2. Klik Kanan - Open - Device Settings (Atau bisa pencet ALT + D)


3. Pilih Tab AnalogTV -  pada device pada Audio, ubah menjadi  USB TV Device - pada Audio, 
    ubah menjadi AudioOut - OK
4. Restart Daum PotPlayer (Exit - Jalankan Lagi) - Pencet CTRL + W  (Menjalankan Analog TV).
5. Disini TV masih belum keluar channelnya karena belum kita atur, next ke step 
6. Klik Kanan - pilih TV(WDM/BDA) - pilih Settings
  • Contry : Cable
  • Country : 62 - Indonesia (PAL B) OK
7. Lalu tekan ALT + G (Channel Management) - Sediakan Notepad / Alat Tulis untuk mencatat
    nomor Channel (tiap daerah beda-beda) - Lalu klik  Au.search.. - Start
8. Catat setiap Channel yang mendapat sinyal televisi terbaik (1 s.d 368)
9. Setelah tercatat, pilih Add - Masukkan Channel yang telah anda catat dan Rename sesuai 
    Channel TV tersebut.
10. Selesai.
      untuk menjalank TV cukup mudah:
  • Jalankan PotPlayer
  • Tekan CTWL + W
  • Tekan N untuk mengangani Channel atau bisa paak Next - Previous
Test :
OS : Windows 8.1 Pro 64 Bit
TVTuner : Gadmei UTV380, Advance